JUKNIS ABM 2023

 JUKNIS ABM

Juknis Asesmen Bakat Minat Kelas 12 ABM Tahun 2023 telah dirilis oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

 

Dalam juknis tersebut termuat prosedur, jadwal, dan tahapan Asesmen Bakat Minat Kelas 12 Tahun 2023.

 

Sebelum lebih lanjut, tahukan Anda bahwa Asesmen Bakat Minat (ABM) merupakan program dari Kemendikbudristek untuk mengukur potensi sekaligus memprediksi kemampuan peserta didik pada bakat di bidang-bidang khusus dan minat berdasarkan keterikatannya di suatu kegiatan tertentu.

 

Dalam ABM, peserta didik akan diberi tes bakat yang terdiri atas kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa serta dilengkapi tes minat.

 

Tujuan ABM adalah memberikan informasi ke satuan pendidikan terkait potensi pada bidang-bidang khusus yang dimiliki peserta didik berdasarkan aspek yang diukur serta kesesuaiannya dengan minat siswa. Di samping itu, ABM bermanfaat untuk memprediksi kemampuan peserta didik apabila mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan ke tingkat lebih tinggi.


Pelaksanaan ujian Asesmen Bakat Minat Kelas 12 Tahun 2023 untuk periode 1 akan diselenggarakan pada 6-9 November 2023.

 

Dalam Juknis Asesmen Bakat Minat Kelas 12 Tahun 2023, salah satu informasi penting yang dipaparkan adalah prosedur pelaksanaan ujian tersebut. Guru dan peserta didik harus memahami prosedur pelaksanaan ujian ABM sehingga penyelenggaraan dapat berjalan lancar.

 JUKNIS ABM BISA DI DOWNLOAD DISINI

 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.